Search

6 Kontroversi Kegaduhan Terkait #GanyangMalaysia - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Dugaan pengeroyokan suporter Timnas Indonesia di Malaysia kembali menyulut kemarahan publik Indonesia. Berikut 6 kontroversi kegaduhan terkait tanda #GanyangMalaysia

Sebelumnya diberitakan bahwa sempat terjadi pengeroyokan oleh sejumlah warga Malaysia terhadap fan Indonesia di Kuala Lumpur pada Senin (18/11) atau sehari sebelum laga Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11).

Bahkan sempat beredar video aksi pengeroyokan itu di media sosial sehingga ramai tanda #GanyangMalaysia di Twitter.

Selain #GanyangMalaysia, ramai pula tanda #shameonyousaddiq untuk merisak akun Twitter Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Syed Saddiq. Netizen marah karena Saddiq dalam pernyataan di Twitter tidak meminta maaf atas aksi pengeroyokan suporter Indonesia di Malaysia.

Ilustrasi suporter Timnas Indonesia. (Ilustrasi suporter Timnas Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Kegaduhan Malaysia-Indonesia terkait ajang olahraga termasuk sepak bola, hanya sepercik dari kisruh pendukung dua negara. Berikut enam kontroversi kegaduhan antara Indonesia dan Malaysia di arena olahraga terkait #GanyangMalaysia:
1. Laser Suporter Malaysia di Piala AFF 2010

Pertandingan partai final leg pertama yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, suporter Malaysia diduga mengarahkan sinar laser kepada kiper Timnas Indonesia, ke wajah kiper Markus Haris Maulana dan membuat laga sempat terhenti. Hasil laga ini membuat Indonesia menyerah 0-3.

Gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina, saat meminta suporter menghentikan aksi laser kepada Markus Harison pada final Piala AFF 2010. (Gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina, saat meminta suporter menghentikan aksi laser kepada Markus Harison pada final Piala AFF 2010. (KAMARUL AKHIR / AFP)
Pada leg kedua yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Malaysia mampu keluar sebagai juara Piala AFF 2010 dengan menang 2-1 hingga menghasilkan agregat menjadi 5-1 untuk tim Harimau Malaya.

2. Bendera Indonesia Terbalik

Gambar bendera Indonesia dibuat terbalik di dalam buku suvenir SEA Games 2017 yang diberikan pihak panitia kepada tamu VIP. Di buku tersebut bendera Indonesia yang seharusnya Merah Putih menjadi Putih Merah. Melihat hal ini membuat Menpora saat itu, Imam Nahrawi mengunggah kejadian tersebut ke akun Twitter miliknya hingga membuat masyarakat Indonesia geram.

Mantan Menpora RI Imam Nahrawi saat menunjukkan buku saku SEA Games 2017 di Malaysia yang berisi bendera Indonesia terbalik. (Mantan Menpora RI Imam Nahrawi saat menunjukkan buku saku SEA Games 2017 di Malaysia yang berisi bendera Indonesia terbalik. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Unggahan Imam Nahrawi tersebut langsung direspon oleh Menpora Malaysia kala itu, Khairy Jamaluddin. Ia mengungkapkan permintaan maafnya atas kejadian tersebut.

3. Kontroversi Wasit di Sepak Takraw di Sea Games 2017

Pertandingan cabang olahraga Sepak Takraw Putri antara Indonesia melawan Malaysia diwarnai oleh aksi curang wasit yang memimpin pertandingan.

Alhasil Tim sepak takraw putri Indonesia memutuskan untuk melakukan walkout. Saat unggul 16-10 di set kedua, tim Indonesia menganggap dicurangi wasit asal Singapura Muhammad Radi yang memimpin pertandingan.

[Gambas:Video CNN]
4. Pesilat Malaysia Mengamuk di Asian Games 2018

Pesilat Indonesia, Komang Harik Adi Putra mendapatkan emas Asian Games kelas E Putra 65-70 kilogram. Komang berhasil mengalahkan pesilat asal Malaysia, Mohd Al Jufferi Jamari dengan skor 4-1.

Pesilat Malaysia Mohd Al Jufferi Jamari mengamuk di belakang arena pertandingan pencak silat usai bertarung dengan Komang Harik Adi Putra dari Indonesia.Pesilat Malaysia Mohd Al Jufferi Jamari mengamuk di belakang arena pertandingan pencak silat usai bertarung dengan Komang Harik Adi Putra dari Indonesia. ( CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)

Namun Pesilat Malaysia tersebut tak terima atas kemenangan Komang. Ia sempat protes dalam satu momen pertarungan yang menilai pukulannya masuk, namun ketika melihat tayangan ulang, wasit menyatakan poin untuk Komang.
6 Kontroversi Kegaduhan Terkait #GanyangMalaysia
Jufferi sempat menyatakan walkout pada detik-detik akhir pertandingan dan setelah pertandingan. Jufferi meluapkan emosinya dengan berteriak dan memukul pembatas ruang pemanasan. Aksi Jufferi ini pun ramai di media sosial.

5. Suporter Malaysia Diserang Suporter Indonesia

Kericuhan terjadi saat laga kualifikasi Piala Dunia 2020 antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno.

Kerusuhan antara suporter Indonesia dan Malaysia di Stadion GBK pada laga Indonesia vs Malaysia. (Kerusuhan antara suporter Indonesia dan Malaysia di Stadion GBK pada laga Indonesia vs Malaysia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sejumlah oknum suporter Indonesia berusaha menghampiri dan menyerang pendukung Malaysia saat skuat Garuda tertinggal 2-3. Sejumlah pendukung Malaysia dikabarkan mengalami luka-luka setelah menjadi korban pelemparan. 6. Suporter Indonesia Diduga Dikeroyok di Malaysia

Sebelumnya dalam sebuah video viral di media sosial, diduga suporter Timnas Indonesia dikeroyok di Malaysia pada leg kedua dalam kualifikasi piala dunia 2020 di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada Selasa (9/11). (mcf/bac)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMia2h0dHBzOi8vY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS9vbGFocmFnYS8yMDE5MTEyMjEzMTQzMy0xNDItNDUwNTk5LzYta29udHJvdmVyc2kta2VnYWR1aGFuLXRlcmthaXQtZ2FueWFuZ21hbGF5c2lh0gEA?oc=5

2019-11-22 07:13:00Z
52781907581167

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Kontroversi Kegaduhan Terkait #GanyangMalaysia - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.